Senin, 11 Juli 2016

Cara Ternak Lele Afrika

Cara Ternak Lele Afrika - Lele afrika atou dimaksud juga lele afrika mempunyai beragam kelebihan di banding lele lokal hingga sekarang ini petani menginginkan memeliharanya. Dengan kelebihan itu lele afrika sudah jadi komoditas popular serta bisa menghadirkan keuntungan begitu besar. Tida sedikit petani telah jadi kaya lantaran usaha lele afrika.

Sumber gambar : http://carapenjagaan.blogspot.com/2016/02/cara-ternakan-ikan-keli-afrika.html

Supaya peroleh keuntungan, petani pastinya mesti bisa pilih komoditas yang tengah popular serta pasar nya baik. Ini hanya untuk mamudah kan penjualan dengan harga dengan cukup baik. Tersebut penyebabnya banyak petani lebihh cenderungmamilih lele afrika di banding lele lokal lantaran mempunyai sebagian kelebihan seperti berikut.

Tumbuh lebih cepat


Kelebihan ini sudah dibuktikan lewat hasil eksperimen (BBPAT) Bogor serta dari pengalaman sebagian petani. Hasil eksperimen itu didapatkan kalau berat badan lele afrika usia 2 hari bisa meraih 1, 2-3 g, usia 5 minggu meraih 10-15 g, serta usia 24 minggu cuma 40-50 g.


2. Bisa meraih ukuran yang lebih besar


Sampai sekarang ini susah di dapatkan lele lokal dengan berat kian lebih 300 g. Walau sebenarnya berat badan lele afrika bisa meraih 2-3 kg. Selain itu, induk lele lookal telah bisa di pijahkan walou juga beratnya baru 100 g. Sesaat pemijahan pada lele afrika bisa diawali waktu induk telah memiliki ukuran 500-700 g.

3. Semakin banyak kandungan telur

Hasil Telur dari satu ekor induk betina lele afrika semakin banyak di banding lele lokal. Kandungan telur lele afrika bisa meraih 8. 000-10. 000 butir per induk betina, sedang lele lokal cuma 1. 000-4. 000 butir per induk.

4. Pakan penambahan berbagai macam


Terkecuali pelet, lele afrika bisa di beri pakan penambahan seperti bangkai serta kotoran ayam. Sedang lele lokal tida suka pada pakan penambahan seperti itu.

5. Memijahkan lele afrika dengan cara alami
Pelihara lele afrika saat ini banyak ditelateni oleh orang-orang baik yang ada di pedesaan ataupun di perkotaan. Hal semacam ini tunjukkan ketertarikan orang-orang demikian besar pada pemeliharaan ikan ini. Lele afrika bisa hidup baik walau dalam kolam yang kecil.

Ada banyak hal yang mengakibatkan orang-orang tertarik dengan budidaya lele afrika ini yakni :

1. Budidaya lele tak memerlukan tempat yang luas lantaran dalam keadaan kolam yang padat masihlah bisa berkembang dengan baik.
2. Kwalitas air yang jelek juga ikan lele ini masihlah bisa berkembang dengan baik
3. Pemeliharaan type ikan ini gampang serta tak membutuhkan perhatian spesial.
4. Pemasaran mudah
5. Tahan pada keadaan lingkungan yang jelek serta tahan pada penyakit.
6. Bisa saja sebagai usaha sambilan dalam kemampuan rumah tangga serta untuk memenuhi keperluan alternatif protein hewani.

Satu diantara permasalahan budidaya lele afrika yaitu ketersediaan bibit yang kurang mencukupi di mana ketika musim hujan tingkat keinginan bibit lele naik. Karenanya petani/peternak bisa mengupayakan benih untuk kepentingan sendiri atau untuk di jual pada customer.

Tersebut disini cara gampang dalam memijahkan lele afrika dengan cara alami :
1. Sediakan indukan (jantan serta betina) yang baik dengan bobot minimum semasing indukan yaitu 1 kg.
2. Check perut betina apakah telah penuh dengan telur lewat cara memijit perlahan-lahan perutnya, apabila telah masak jadi bakal keluar butir telurnya serta pada alat genitalnya berwarna merah tua.
3. Sediakan kolam pemijahan dengan isi air bersih yang betul-betul baru setinggi +_ 10 cm atau hingga indukan lele afrika terendam air semua tubuhnya. Sangat dalam/tinggi airnya tak baik untuk anakan yang baru menetas.
4. Ukuran kolam minimum panjangnya 3m serta lebarnya 2m. Kolam yang sangat luas bakal susah mengelolanya, sedang apabila sangat sempit kemungkinan menetasnya kecil.
5. Tebari kolam dengan ijuk bersih. Ijuk ini berperan untuk tempat menempelnya telur lele afrika.
6. Umumnya kurun waktu 1 malam lele sudah memijah serta saat malam selanjutnya bakal menetas. Telur yang baik serta bakal menetas warnanya hijau jelas sedang yanng busuk atau mati berwarna putih susu. Saat yang diperlukan untuk menetas semuanya yaitu +_ tiga (3 hari).
7. Apabila telah bertelur indukan di ambil perlahan-lahan dengan memakai seser serta hati-hati supaya tak mengakibatkan kerusakan sarang telur pada ijuk.
8. Apabila telah menetas semuanya atau kurun waktu 3 hari jadi ijuk di ambil perlahan-lahan serta dibikin bersih perlahan-lahan supaya anak lele yang kecil lepas dari ijuk serta upayakan supaya telur yang mati/busuk tak terlarut di air kolam.
9. Sesudah menetas upayakan supaya air tetaplah tertangani baik dengan ganti beberapa air atau kuras telur yang busuk dengan selang atau jaring halus/skoopnet. Berikan makan cacing sutra sepanjang 1 minggu (makin lama makin baik)
10. Saring ukuran ikan menurut ukuran lantaran perkembangan anakan ikan lele afrika tak seragam. Hal ini dapat ditujukan untuk kurangi kanibalisme bawaan.
11. Sesudah memiliki ukuran 7-9 cm bisa dmasukkan dalam kolam pemeliharaan/pembesaran atau di jual

Cara Ternak Lele Afrika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Halijah Tiuh